Latest Games :
Home » » MEMULAI BISNIS BAJU DAN AKSESORIS DISTRO

MEMULAI BISNIS BAJU DAN AKSESORIS DISTRO

Monday, 28 November 2016 | 0 komentar

MAKALAH
MEMULAI BISNIS BAJU DAN AKSESORIS DISTRO



Latar Belakang Masalah

Seiring dengan berkembangnya mode berpakaian, para anak muda berusaha untuk tidak ketinggalan jaman dalam hal berpakaian dengan mengikuti mode yang sedang menjadi tren, dengan berpakaian unik dan kreatif.   Dalam memulai bisnis distro perlu kegigihan, pantang menyerah dan jeli dalam memanfaatkan peluang. Kendala terbesar di sektor produksi. Pebisnis distro harus membangun jaringan dan brand awareness ke customer. Usaha distro harus dikelola secara profesionalisme, kalau tidak kebangkrutan akan segera dating. Salah satu keunikan distro adalah desain kaos-kaos mereka yang “khas distro: keren, special, unik, lucu dan berkelas. Selain itu untuk menjaga keunikannya, desain kaos mereka tidak diproduksi secara masal,  melainkan  hanya  dalam  hitungan  ratusan  atau  bahkan  maksimum  100 potong per model.


Rumusan Masalah

Sesuai dengan judul makalah, untuk menuju sukses dalam menjalankan usaha ini, terdapat beberapa tata cara yang perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini.  Berkaitan dengan judul makalah, maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah sebgai beikut :
1.  Bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis distro ?
2.  Bagaimana konsep pemasaran dalam bisnis distro ?
3.  Bagaimana cara untuk meningkatkan mutu barang dan penjualan ?


Tujuan Penulisan

Saya menyusun makalah ini sebagai sarat memenuhi tugas kuliah bisnis dan untuk membahas atau mengetahui cara-cara untuk menjadi wirausaha yang sukses yang saya bahas dalam makalah ini adalah mengenai "Usaha Distro". Tujuan saya memilih "Usaha Distro" sebagai bahan pembahasan dalam makalah saya, adalah karena usaha distro merupakan usaha yang cukup menjanjikan di tengah perkembangan mode berpakaian anak muda jaman sekarang. Selain itu usaha ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki kreatifitas dan berusaha menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar pakaiannya.

Metodologi Penelitian

Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diselidiki.

Adapun langkah-langkah penyusunannya adalah sebagai berikut :
1.      Menentukan topik yang akan dibahas,
2.      Setelah itu penyusun merumuskan masalah.
3.      Mengumpulkan   data.   Untuk   mengumpulka data penuli menentukan dengan cara browsing melalui internet,
4.      Penyusunan makalah. Setelah tahaptahap sebagaimana diuraikan diatas, maka  langkah  selanjutnya  adalah  menyusumakalah  agar  tujuadan manfaat dapat dikomunikasikan.

Pembahasan

Distro adalah suatu tempat yang biasanya menjual pakaian, sepatu, celana, dan aksesoris yang biasanya mengikuti perkembangan mode dan kebanyakan konsumennya adalah anak muda. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis distro adalah sebagai berikut :

1.        Dalam memulai bisnis distro kita harus mencari tempat yang strategis, karena sebagian konsumennya adalah anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda sering berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
2.        Dalam memasarkan barang, harganya harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Tetapi meskipun biasanya barang-barang yang di jual di distro harganya lumayan mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat para anak muda  untuk membeli  pakaian,  celana,  atau  aksesoris  yanmereka gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda mempengaruhi hal tesebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di distro sangat sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap membeli barang-barang yang ada di distro meskipun harganya mahal. Akan tetapi pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli.
3.        Dalam meningkatkan mutu barang atau produk, harus menggunakan bahan yang berkualitas bagus dan Dan model pakaian yang dijual di distro harus mengkuti perkembangan tren masa kini. Karena anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti  tren  masa  kini.  Seperti  modegambar  pada  baju  misalnya, biasanya  distro  menjual  baju-baju  dengan  gambar-gambar  artistik  yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda. Contoh lain baju-baju pada distro memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. Dengan menyediakan seperti contoh-contoh di atas tentu para konsumen akan puas dengan barang-barang yang ada di distro anda.
4.        Berikut ini contoh desain gambar kaos yang telah saya buat :



Kesimpulan

Usaha distro merupakan usaha yang menguntungkan bagi yang dapat mengelolanya  dengabaik,  selain  itu  bagi  orang-orandengan  kreatifitas  yang tinggi dan pergaulan yang luas sangat cocok menjalankan bisnis ini karena benar- benar sangat menjanjikan.

Penutup

Demikian karya ilmiah ini saya buat dengan maksimal dan apa adanya,jika ada kekurangan atau salah dalam penulisan bahasa dan kata mohon kiranya para pembaca dapat memberi kritik dan saran yang membangun, sehingga saya dapat terus memperbaiki kesalahan demi kesalahan dengan harapan suatu saat karya ilmiah yang saya tulis menjadi sempurna dan dapat memuaskan para pembaca.

Daftar Pustaka

Suyanto,M.2009.SMART IN ENTERPRENEUR Small Is Powerful. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Suyanto,M.2011.SMART IN ENTERPRENEUR Everyone Can Become A Successful
Enterpreneur. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Suyanto,M.2004.SMART IN ENTERPRENEUR Belajar dari Kesuksesan Pengusaha
Top Dunia. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Suyanto,M.2005.SMART IN INTERPRENEUR 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa
Uang. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011. Galeri Makalah - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger