Ruang lingkup Materi IAD, IBD, ISD
A. Ruang lingkup Materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a. Kelahiran
alam semesta
1). Mengenal alam semesta
2). Teori terbentuknya alam semesta
a). Teori ledakan
Teori ledakan ini bertolak dan adanya suatu massa dan berat
jenis yang sangat besar, meledak dengan hebat karena adanya reaksi ini. Massa
itu kemudian berserakan mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusat
ledakan.
b). Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan
alam semesta, yaitu “masa ekspansi” dan “masa kontraksi” diduga
bahwa siklus ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun.
b. Tata
surya
Surya adalah kata lain dari matahari. Tata surya berarti
adanya suatu organisasi yang teratur pada matahari.
Terbentuknya tata surya:
1). Hipotesis Nebular
2). Hipotersis Planettesimal
3). Teori Tidal
c. Bumi
Teori tentang kejadian bumi:
1). Teori Kant Laplace
Dialam raya sudah ada alam yang telah berputar makin lama
makin mendingin. Perputaran ini mengakibatkan pendataran dibagian
kutub-kutubnya dan menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan
daerah paling tidak stabil sewaktu perputaran semakin cepat, bagian tersebut
akan terlepas materi dan massa asal. Kemudian mengambil kondensasi akhirnya,
menjadi padat berputar mengelilingi massa asal. Maka asal tersebut menjadi
matahari dan bagian terlepas setelah padat manjadi planet.
2). Teori Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan suatu teori tentang matahari dan bumi,
teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
3). Teori Jean dan Jefreys
Bintang besar yang jauh lebih besar dari matahari memiliki
gaya tarik yang sangat kuat terhadap matahari, akibatnya akan terjadi gelombang
pasang pada permukaan matahari yang menyerupai gunung yang sanat tinggi dan
menyerupai lidah raksasa yang berupa gas sangat panas selanjutnya mengalami
pemadatan kemudian pecah menjadi benda-benda tersendiri yang disebut planet.
d. Asal mula kehidupan dibumi
1). Generation Spontaniea
2). Cozmozoa
3). Omne Vivum ex Vivo
4). Omne Ovo ex Vivo
B. Ruang lingkup Materi IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic humanities.
Humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya
manusiawi, berbudaya, dan halus (refined). Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar
ini diharapkan seseorang menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih
halus.
Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a. Berbagai
aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang
dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities),
baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan
berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b. Hakikat
manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan
setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya,
manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak
seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan,
pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
C. Ruang lingkup Materi ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:
a. Kenyataan-kenyataan
social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah
social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara
berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang
disiplin ilmu atau sudut pandangnya
b. Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari
masalah-masalah social.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep
keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut
diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah
laku
baik secara individual maupu kelompok.
2). Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan
timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c. Masalah-masalah
social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan
social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
D. Urgensi IAD, IBD, ISD Bagi Mahasiswa
1. Urgensi IAD (Ilmu Alam Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Alam Dasar merupakan Ilmu yang mengkaji tenang
gejala-gejala alam disekitar. Dengan mengetahui gejala-gejala alam yang ada
disekitar maka pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?” akan terjawab dengan
adanya pengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas dari manusia
yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanya sementara
saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa.
Bagi Mahasiswa sendiri Ilmu Alam Dasar ini sangat urgen
sekali mahasiswa yang dituntut untuk memiliki sifat yang kritis diharap mampu
menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini juga sangat
penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam agar
Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa juga dituntut untuk
berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap mereka mengatahui
gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi sangat urgen
karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam dan teknologi
yang semakin berkembang pesat dalam kencah internasional.
2. Urgensi IBD (Ilmu Budaya Dasar) Bagi Mahasiswa
Seperti yang kita ketahui manusia merupakan makhluk yang
berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri
manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan
menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa
kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya
yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu.
Ilmu Budaya Dasar memiliki urgenitas bagi Mahasiswa karena
orientasi Mahsiswa adalah lingkungan yang berbudaya dari lingkungan yang
berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk integrasi dalam
lingkungan tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk profesi
mereka.
Urgenitas yang sangat vital bagi Mahasiswa dalam mempelajari
Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap
masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka
tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga
mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara
serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat
kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena
ruanglingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis
yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan
Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat
mereka.
3. Urgensi ISD (Ilmu Sosial Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru
yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Dasar ini
sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan system pendidikan
yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu-ilmu social
yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk
mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembang dalam kehidupan
masyarakat.
Urgenitas ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan
dasar-dasar ata pengetahuan social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan
cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternative pemecahan
masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui ISD,
diharapkan para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan diri berkat
pengahayatannya terhadap arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan
diri secara mapan paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan
itu harus ditempuh. Masalah-masalah social yang berkembang sedemikian kompleks,
baik yang bersifat local, regional, nasional maupun internasional seperti
pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, dan kriminalitas. Kenakalan remaja dan
penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan
masalah-masalah social yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala
aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
No comments:
Post a Comment